Headlines News :
Create your own banner at mybannermaker.com!
Home » » Resolusi PBB Serukan Transisi Politik Suriah

Resolusi PBB Serukan Transisi Politik Suriah

Written By SYARIKAT ISLAM INDONESIA KAB. SUKABUMI on Kamis, 16 Mei 2013 | Kamis, Mei 16, 2013


New York (SI ONLINE) - Majelis Umum PBB mencapai kesepakatan untuk mengeluarkan resolusi yang menyerukan transisi politik di Suriah dan mengecam pemerintah yang menggunakan senjata berat., demikian dilaporkan  BBC (16/5).

Resolusi menyebutkan bahwa transisi politik sebagai 'peluang terbaik' untuk memecahkan konflik secara damai. PBB memperkirakan konflik di Suriah telah menewaskan sedikitnya 80.000 orang

Resolusi disusun oleh negara-negara Arab yang mendukung kelompok perlawanan dan beberapa pihak mengkritik terlalu berpihak pada satu sisi. Kesepakatan atas resolusi yang tidak mengikat ini dicapai dengan mudah walau resolusi serupa tahun lalu mendapat dukungan yang lebih besar.
Wartawan BBC Barbara Plett melaporkan dari kantor pusat PBB, New York, bahwa mayoritas 107 negara yang kuat mendukung resolusi atau lebih rendah dari 133 suara yang mendukung resolusi serupa pada Agustus tahun lalu. Sebanyak 12 suara menentang dan 59 abstain dalam pemungutan suara Rabu (15/05).
Rusia menentang keras redaksi yang digunakan dalam resolusi, yang dianggap tidak seimbang dan tidak cukup mengangkat kekerasan yang dilakukan kelompok oposisi. Pemerintah Moskow -yang merupakan pendukung kuat pemerintahan Presiden Bashar al-Assad-
Resolusi juga menyiratkan kemarahan atas meningkat pesatnya jumlah korban jiwa dan kecaman atas pemerintah  yang menggunakan senjata berat serta pelanggaran keras hak asasi manusia secara meluas dan kebebasan dasar.

Selain membahas krisis politik, resolusi juga mendesak bantuan keuangan kepada negara-negara tetangga Suriah yang menampung sekitar 1,5 juta pengungsi dan mendesak perhatian atas 4,25 juta warga Suriah yang harus meninggalkan rumahnya.  Resolusi PBB juga menyerukan bantuan keuangan untuk negara penampung pengungsi Suriah.
Pihak Suriah mengatakan resolusi bertentangan dengan upaya-upaya diplomatik antara Amerika Serikat dan Rusia dalam mencari penyelesaian politik atas konflik yang sudah berlangsung selama dua tahun.
Red : Agusdin
Sumber : bbc

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Create your own banner at mybannermaker.com!
Create your own banner at mybannermaker.com!
KONFERENSI CABANG PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA KABUPATEN SUKABUMI AKAN DIGELAR PADA TANGGAL 5-6 JULI 2013, SEGENAP KAUM SYARIKAT ISLAM INDONESIA KAB.SUKABUMI MARI KITA DUKUNG DEMI SUKSESNYA ACARA TERSEBUT, TERUS BERJUANG DAN BERKARYA DEMI BANGSA YANG DICINTAI ALLAH
 
DPC SYARIKAT ISLAM INDONESIA
KABUPATEN SUKABUMI
Copyright © 2013. DPC SYARIKAT ISLAM INDONESIA
Dipersembahkan oleh Blogger